Saturday, April 14

Spiku [Lapis Surabaya]

Gb 1. Kue Spiku 2 lapis (Mandarin)
Baking, bikin kue dan segala macam yang berhubungan dengan oven meng-oven belum pernah saya lakukan selama masih tinggal di Indonesia. Begitu di Brissie sini, ternyata groupnya Ayah ada kebiasaan rutinitas mengadakan acara gathering. Nama gathering-nya adalah Cake Day. Dari namanya saja sudah terbayang apa isi acaranya. hehehehe

Nah, pas Ayah dapet giliran bawa cake (di giliran keduanya), Ayah ingin membawa kue Bika Ambon.


Jauh-jauh hari sebelum hari H, saya melakukan percobaan membuat kue khas Medan ini. Namun belum pernah berhasil. Sampai mendekati hari H, saya mengusulkan ke Ayah untuk mengganti Bika Ambon dengan kue Spiku (Lapis Surabaya). Setelah Ayah menyetujuinya, akhirnya saya melakukan percobaan dengan membuat satu lapis dulu. Resep yang saya gunakan, saya ambil dari sini.

Percobaan satu lapis berhasil memuaskan dan siap untuk membuat yang tiga lapis. Namun, sebelum membuat yang tiga lapis, saya membuat yang dua lapis dahulu seperti pada Gb 1. Hasil percobaan kedua ini beda dengan percobaan pertama. Pada percobaan kedua, ketika sudah dingin, kuenya jadi keras, tidak seempuk percobaan pertama.

Pada percobaan pertama, saya menggunakan tepung produksi Indonesia. Dan pada percobaan kedua, saya menggunakan tepung homebrand supermarket sini. Awalnya, saya menyimpulkan, mungkin karena beda tepung menghasilkan kue yang berbeda.

Nah, hari H datang juga, dan saya harus berhasil membuat si kue Spiku [Lapis Surabaya] ini. Akhirnya, saya kembali memakai tepung produk Indonesia seperti pada percobaan yang pertama. Begitu kue sudah jadi dan kami cicipi, ternyata kok tetap tidak sama dengan percobaan yang pertama ya. Kira-kira, apa ya yang beda????

Setelah mengingat-ingat lama sekali, akhirnya ketemu juga yang membuat beda. Di resep tersebut menggunakan gula putih halus, dan di percobaan pertama, saya menggantinya dengan icing mixture. Akhirnya ketemu juga dan siap untuk membuat kue Spiku [Lapis Surabaya] selanjutnya ^_^.

Meskipun kue Spiku [Lapis Surabaya] yang dibawa Ayah ke acara Cake Day tidak sesempurna harapan kami, Alhamdulillah kuenya habis.......laris manis :)

Dan yang membuat kaget lagi adalah ada yang meminta resepnya seperti pada Gb 2. ^_^

Gb 2. The appreciate ^_^

No comments:

Post a Comment